Sabtu, 03 November 2012

SIA Accounting Information Systems


Beberapa orang berpendapat bahwa akuntan seharusnya memusatkan perhatian hanya pada Lap. Keuangan dan memberikan urusan desain serta persiapan laporan manajerial pada spesialis sistem informasi. Apa sajakah kelebihan dan kelemahan pendapat ini ? Sejauh manakah akuntan seharusnya terlibat dalam pembuatan laporan yang melibatkan berbagai hal di luar ukuran keuangan, yang dipergunakan untuk mengukur kinerja ? mengapa demikian ?
Jawab :
Laporan Manajerial
SIA suatu organisasi harus dapat menyediakan informasi operasional terinci tentang kinerja organisasi-organisasi. Sebagai contoh, Scott dan Susan membutuhkan laporan tentang persediaan, keuntungan relatif produk, kinerja tiap staf penjualan, penagihan dan kewajiban yang ditangguhkan, serta kinerja S&S dalam memenuhi komitmen pengantaran barang. Baik ukuran keuangan tradisional maupun data operasional sering kali dibutuhkan untuk melakukan evaluasi kinerja dengan tepat dan lengkap.
Kelebihan :
·         Membagi pendapatan penjualan (sales revenue) dengan jumlah staf penjualan akan memberikan suatu ukuran produktivitas.
·         Membagi jumlah transaksi penjualan dengan penyebut (denomitor) yang sama akan memberikan cara lain untuk melihat produktivitas.
·         Membagi pendapatan penjualan dengan jumlah jam kerja staf penjualan, juga memberikan ukuran produktivas lain.
·         Meghitung jumlah rata-rata penjualan.
·         Biaya gaji staf penjualan sebagai persentase pendapatan penjualan (sales revenue).
·          lebih mengetahui segala informasi tentang transaksi yang terjadi.
·         Menjadi ujung tombak di dalam sebuah perusahaan.
·         Memiliki kemampuan dalam ilmu matematika dan ekonomi yang baik.
Kelemahan :
·         Sebagian besar SIA gagal dalam hal ini karena mereka sebelumnya didesain untuk mendukung persiapan laporan keuangan, bukan untuk kebutuhan pengambilan keputusan manajemen internal.
·         Tidaklah cukup untuk hanya mengukur dan melacak seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi dan mengirimkan pesanan pelanggan.
Akuntan perusahaan juga harus mengetahui cara untuk mengatur kembali data dari hasil internal yang telah ada sebelumnya, dan menyajikannya sedemikian rupa hingga membuka pandangan baru atas hasil-hasil operasi perusahaan. Sebagai contoh, inovasi adalah salah satu kebutuhan penting bagi perkembangan berkelanjutan dalam jangka panjang. Salah satu cara perusahaan mengukur keberhasilan inovasi adalah dengan melacak dan melaporkan persentase pendapatan penjualan yang dihasilkan produk baru tersebut. Akan tetapi, beberapa data yang penting harus dikumpulkan dari sumber-sumber eksternal. Hal tersebut hanya memberikan informasi tentang seberapa baik perusahaan memenuhi tujuannya sendiri dalam hal pelayanan ke pelanggan. Informasi tentang apakah perusahaan telah memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggannya juga diperlukan. Satu-satunya cara untuk mengetahui hal ini adalah bertanya secara langsung ke pelanggan. Sekali lagi sangatlah penting untuk mendesain SIA agar data yang didapat dari luar dapat diintegrasikan dengan ukuran-ukuran internal sedemikian rupa hingga memungkinkan persiapan laporan yang didasarkan pada kedua jenis data tersebut.

Shauna Washington memulai usahanya dengan menjual perlengkapan seni dan kursus yang berhubungan dengan hal tersebut kepada keluarga yang menyekolahkan anaknya secara privat dirumah. Usaha ini berkembang dengan cepat. Penjualannya meningkat tiga kali lipat dalam periode lima tahun. Pada titik ini, dia menjual usaha tersebut karena telah tumbuh terlalu besar untuk dikelola dari rumah Shauna.
Biaya persediaan dan operasional perusahaan digudang tersebut, lebih tinggi dari yang diperkirakan. Pembayaran bulananan atas pinjaman juga terbukti memberatkan perusahaan. Akhir-akhir ini, jumlah rekening yang melewati tanggal jatuh tempo juga meningkat secara dramatis. Masalah-masalah tersebut telah menimbulkan masalah arus kas yang sangat berat. Apabila situasi arus kas perusahaan tidak membaik dengan cepat, perusahaan tersebut mungkin harus mengumumkan kebangkrutannya, walaupun penjualan terus meningkat.
Sumber :
Accounting Information Systems, pengarang Marshal B. Romney dan Paul Jhon Stein Beart, buku satu, penerbit salemba empat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar